Sabtu, 05 Juni 2010

7 TIPS MENJADI MC PROFESIONAL


-->
7 TIPS MENJADI MC PROFESIONAL
Jarang ada acara atau event yang tidak ada mc-nya. Kalaupun acara tersebut berlangsung tanpa mc secara resmi kemungkinan besar tugas-tugas mc tetap dijalankan meskipun tidak dilakukan oleh tenaga mc profesional.
Mc adalah orang yang bertugas memandu jalannya sebuah perhelatan sehingga acara berjalan lancar. Berasal dari kata Bahasa Inggris singkatan dari master of ceremony. Dalam perkembangan modern istilah mc menjadi bahasa universal yang mendunia hampir di seluruh belahan bumi manapun. Orang Belanda, Inggris, Jerman, Cina, India dan lain-lain memiliki pengertian yang sama mengenai mc.
Dalam bahasa Indonesia padanan mc adalah pembawa acara. Orang sering rancu dengan presenter. Agar memudahkan, saya mengartikan mc adalah pemandu acara untuk event non-televisi. Acara-acara yang tidak ditayangkan di televisi: ulang tahun individu, ulang tahun perusahaan, peluncuran perdana suatu produk, pernikahan, malam dana maka pemandu acaranya disebut mc. Sedangkan presenter lebih condong digunakan bagi pembawa acara program-program di layar kaca.
Selain istilah presenter, kita mengenal beberapa nama lain untuk pembawa acara tv yaitu; news caster, anchor yang artinya lebih ke arah presenter berita hard news. Berita hard news dimaksudkan sebagai berita yang memiliki bobot jurnalistik lebih serius seperti politik, dibandingkan katakanlah infotainment. Pembawa acara infotainmen biasanya cenderung disebut presenter. Ada lagi istilah lain yaitu host. Arti harafiahnya adalah tuan rumah. Host mengacu kepada pembawa acara tv seperti variety show dimana si pembawa acara lebih dari sekadar mem-present suatu acara. Yang tepat disebut sebagai host contohnya Oprah Winfrey dalam Oprah Winfrey Show. Bila kita bandingkan seorang host dengan news presenter termasuk di dalamnya presenter infotainmen maka dapat kita rasakan perbedaan di antara keduanya. Tugas host lebih bukan hanya membacakan berita tapi jauh lebih dalam layaknya seorang tuan rumah yang melayani tamunya. Ada tanya jawab, diskusi, debat, pemaparan fakta data ,adu argumen dan banyak hal lain yang sulit dijelaskan secara gamblang dan hanya bisa dirasakan. Tugas seorang host lebih dinamis dalam komunikasi dua arah dan perbincangan yang lebih hidup. Untuk lebih jelasnya silakan mengamati secara rinci presenter-presenter berita dan bandingkan dengan pembawa acara variety show di tv.
Kembali ke soal mc, menjadi mc terbaik sebenarnya tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Tentu saja jangan pernah berkhayal bisa mendadak jadi mc bagus tanpa mengetahui prinsip-prinsip dasarnya, berlatih dan mempraktekkannya serta pengalaman tampil yang kontinyu.
Untuk tujuan itulah saya menulis buku ini. Bagi Anda yang merasa tertantang untuk mencoba dunia mc dan memiliki impian menekuni bidang ini, saya akan membeberkan kepada Anda 7 Rahasia Praktis menjadi Public Speaker sehingga apabila mempelajarinya dengan sungguh-sungguh dan melakukan seperti yang dianjurkan saya percaya skill mc Anda akan mengalami kemajuan signifikan, dan siapa tahu bisa berprofesi sebagai mc dikemudian hari.

Tidak ada komentar: